iklan space 728x90px

Stretch Marks Pada Remaja: Penyebab dan Cara Mencegahnya


Stretch marks atau yang dikenal juga sebagai striae merupakan garis atau guratan di permukaan kulit yang timbul saat kulit terlampau meregang maupun mengendur. Munculnya stretch marks pada remaja merupakan hal yang umum terjadi, terutama karena perubahan bentuk dan ukuran tubuh yang pesat selama pubertas.

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang penyebab munculnya stretch marks pada remaja, serta tips untuk mencegah dan mengatasinya.

Penyebab Stretch Marks pada Remaja

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan stretch marks pada remaja, antara lain:

1. Pertumbuhan Tubuh

Masa pubertas identik dengan pertumbuhan tubuh yang cepat, terutama pada tinggi badan, berat badan, dan ukuran payudara pada remaja perempuan. Pertumbuhan ini menyebabkan kulit meregang secara signifikan, dan jika terjadi lebih cepat daripada kemampuan kulit untuk beradaptasi, maka dapat terjadi kerusakan pada serat elastis di kulit, sehingga muncullah stretch marks.

2. Faktor Genetik

Faktor keturunan juga berperan dalam risiko seseorang mengalami stretch marks. Jika orang tua memiliki stretch marks, maka anak-anaknya pun berisiko lebih tinggi untuk mengalaminya. Hal ini karena faktor genetik memengaruhi elastisitas kulit dan kemampuannya untuk meregang.

3. Perubahan Hormon

Fluktuasi hormon selama masa pubertas, terutama hormon kortisol, dapat memengaruhi produksi kolagen dan elastin di kulit. Penurunan kadar kolagen dan elastin membuat kulit menjadi lebih rapuh dan mudah mengalami stretch marks ketika diregang.

4. Olahraga Intensif

Olahraga yang melibatkan peregangan otot yang intens, seperti binaragawan, juga dapat berisiko menyebabkan stretch marks. Hal ini karena peregangan otot yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada serat elastis di kulit.

5. Penggunaan Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan kortikosteroid dalam jangka panjang, baik dalam bentuk oral, salep, maupun krim, dapat meningkatkan risiko munculnya stretch marks. Kortikosteroid dapat menghambat produksi kolagen dan elastin di kulit, sehingga kulit menjadi lebih rapuh dan mudah meregang.


Pencegahan Stretch Marks pada Remaja

Meskipun stretch marks tidak berbahaya bagi kesehatan, namun kemunculannya dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak percaya diri. Berikut beberapa tips untuk mencegah stretch marks pada remaja:

1. Menjaga Berat Badan yang Ideal

Menjaga berat badan yang ideal dan menghindari kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis dapat membantu mencegah munculnya stretch marks. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat dan berolahraga secara teratur.

2. Melembapkan Kulit

Menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap secara rutin dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya lebih tahan terhadap peregangan. Pilih pelembap yang cocok dengan jenis kulitnya.

3. Mengonsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan elastisitas pada kulit. Konsumsi makanan kaya vitamin C, seperti buah jeruk, stroberi, kiwi, dan paprika, dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah stretch marks.

4. Mengelola Stres

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang dapat menghambat produksi kolagen dan elastin di kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik dengan cara berolahraga, meditasi, atau melakukan aktivitas yang menyenangkan.

5. Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang stretch marks, konsultasikan dengan dokter atau dokter kulit. Dokter dapat memberikan saran dan rekomendasi perawatan yang tepat untuk mencegah atau mengatasi stretch marks.

*************

Perlu diingat bahwa stretch marks adalah hal yang wajar terjadi pada remaja, terutama bagi mereka yang mengalami pertumbuhan tubuh yang pesat. Dengan menerapkan tips pencegahan dan menjaga kesehatan kulit, risiko munculnya stretch marks dapat diminimalisir.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Stretch Marks Pada Remaja: Penyebab dan Cara Mencegahnya"