iklan space 728x90px

4 Hal yang Perlu Diketahui sebelum Service Mobil untuk Mudik Lebaran

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tidak dapat dipisahkan dari tradisi mudik ke kampung halaman. Selain mengandalkan transportasi umum, mudik menggunakan kendaraan pribadi masih menjadi alternatif pilihan masyarakat. Akan tetapi, untuk Anda yang berencana mudik memakai mobil pribadi sebaiknya mulai dari sekarang melakukan persiapan pada kondisi kendaraan dengan membawanya ke bengkel langganan seperti bengkel Toyota, Daihatsu, Suzuki, dll.

Seiring dengan bergulirnya sang waktu, suku cadang atau komponen dalam kendaraan roda empat Anda akan mengalami keausan dan kualitasnya pun menurun. Barangkali Anda tidak menyadari adanya perubahan yang terjadi pada suku cadang atau komponen tersebut lantaran proses ini tak kelihatan dan terjadi dalam kurun waktu yang relatif lama, tetapi pasti.

Perbaikan pada kendaraan, apalagi setelah digunakan untuk perjalanan jauh, dinilai sangat perlu Anda lakukan. Tetapi akibat banyaknya aktivitas, seringkali ada pemilik kendaraan roda empat yang belum sempat membawa mobilnya ke bengkel. Menghadapi keadaan seperti ini, alangkah baiknya pemilik secepatnya menghubungi bengkel online yang bisa memberikan layanan service langsung ke rumah. 

Nantinya akan ada mekanik profesional yang datang langsung ke tempat Anda untuk melayani service mobil. Sekarang ini memang mulai banyak layanan service kendaraan yang langsung datang ke rumah pemilik kendaraan, baik yang diadakan langsung oleh agen pemegang merek (APM) ataupun oleh jaringan bengkel seperti supercar.id. 

Selama ini APM seperti Suzuki, Toyota, dan Hyundai dikenal sudah mempunyai layanan "home service". Alhasil Anda sebagai pemilik kendaraan roda empat dari brand atau merek-merek tersebut bisa memesan jasa service langsung di rumah bila enggan ke bengkel karena banyaknya aktivitas yang Anda kerjakan.

Yang Perlu Diketahui sebelum Service Mobil untuk Mudik Lebaran
Menurut survei yang telah dilakukan Auto2000 beberapa waktu lalu menemukan bahwa peningkatan kendaraan yang diperbaiki terus meningkat terhitung sejak 5 minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri (Lebaran). Sementara itu, puncak tertinggi service kendaraan, khususnya mobil, terjadi pada pekan kedua sebelum berlangsungnya Lebaran. 

Itu berarti, supaya kendaraan mobil Anda bisa ditangani dengan cara optimal dan tidak harus menunggu antrian terlalu lama dan panjang, maka mulailah mengatur waktu untuk datang berkunjung ke bengkel langganan lebih awal. Apalagi, Anda pun dapat lebih leluasa berkonsultasi dengan teknisi atau mekanik. Sehingga bila terdapat masalah yang butuh diatasi Anda masih mempunyai waktu yang cukup. 

Apabila kendaraan Anda masuk service di km 10.000, maka beberapa komponen yang perlu di-check antara lain mencakup peran knalpot, wiper, lampu-lampu, rem, suspensi, busi, radiator, aki, ball joint, filter udara dan pendingin udara (AC). Sementara itu untuk komponen yang diganti mencakup filter oli beserta oli mesin. 

Sementara itu, mobil-mobil merk Toyota di bawah 50.000 km/4 tahun tidak memungut biaya service ke pemilik kendaraan alias free (gratis). Sedangkan pergantian oli transmisi manual dapat dilakukan di setiap 40.000 km dan untuk oli transmisi otomatis bisa dilakukan di setiap 80.000 km.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum service mobil untuk mudik Lebaran nanti.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "4 Hal yang Perlu Diketahui sebelum Service Mobil untuk Mudik Lebaran"