UHAMKA Kembangkan Konsep Kampus Virtual untuk Merambah Kampus Metaverse


Dunia sedang mengalami disrupsi ganda yang dipicu oleh inovasi teknologi dan kemunculan pandemi Covid-19 yang menjadikan dunia pascapandemi tak akan sama lagi. Demikian juga di dunia pendidikan, metaverse memberi kesempatan pelaksanaan perkuliahan di dunia maya. Salah satu realitanya ditandai dengan kehadiran kampus metaverse

Teknologi metaverse memungkinkan beberapa pengaplikasian di bidang pendidikan. Salah satunya, guru mata pelajaran Geografi tidak mesti membawa anak didiknya pergi ke sebuah tempat untuk menyaksikan fenomena gunung meletus atau tsunami. 

Demikian juga guru mata pelajaran Sejarah tak perlu repot-repot membawa siswa-siswinya ke museum hanya sekedar untuk melihat sebuah peristiwa bersejarah. Pasalnya metaverse memungkinkan pembelajaran yang sebelumnya cuma dilihat lewat buku, foto, maupun video dalam 2 dimensi menjadi suatu pengalaman yang disaksikan secara nyata dan bisa langsung dirasakan oleh para siswa lewat VR. 

Dengan merasakan pengalaman virtual secara langsung, siswa akan gampang mengingat dan memahami konsep dari mata pelajaran itu. Metaverse pun akan memberikan efek positif untuk dunia pendidikan karena teknologi ini memungkinkan guru dan siswa memanfaatkan waktu secara efisien dalam aktivitas belajar mengajar. 

Pengertian Metaverse

Metaverse adalah konsep semesta virtual kolaboratif yang memadukan interaksi manusia dengan avatar dan beragam produk serta layanan lainnya antara dunia nyata dengan dunia digital yang tanpa batas. 

Bisa disebut metaverse adalah versi terbaru dari VR (Virtual Reality) tanpa komputer. Pemakai bisa memasuki dunia virtual memakai perangkat berbentuk headset atau kacamata berdasar AR (Augmented Reality) ataupun VR (Virtual Reality). 

Berkat dukungan teknologi AV (augmented reality), VR (virtual reality), serta AI (artificial intelligence), semuanya dapat berjalan secara serentak dan searah di metaverse. Metaverse berpotensi besar bagi masyarakat dapat berinteraksi, bekerja, belajar, dan menjalankan aktivitas lainnya dalam kehidupan seperti di dunia nyata. 

Penggunaan metaverse akan memberikan pengalaman sekalian media untuk mahasiswa melakukan interaksi dengan teman dan dosennya sehingga pembelajaran daring berjalan optimal dan tak berbeda jauh dengan pembelajaran secara langsung. 

Implementasi Kampus Metaverse atau Kampus Virtual

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA)  sudah berkomitmen menyiapkan mahasiswa dengan pemahaman yang cukup menghadapi transformasi digital lewat beragam program kerja yang berorientasi menaikkan literasi teknologi dan penyiapan beberapa kelompok masyarakat supaya lebih siap menggunakan kemajuan teknologi. 

Guna mewujudkan sistem pendidikan metaverse, UHAMKA telah bekerja sama dengan Balai Penelitian Teknologi Informasi (BPTI). Tidak lain dan tidak bukan untuk memudahkan melakukan riset lewat jurnal artikel tentang Metaverse. 

Dapat dibilang UHAMKA menjadi salah satu universitas di Indonesia yang mengaplikasikan konsep kampus virtual. Berbagai divisi sudah disiapkan selaku penunjang mahasiswa supaya siap menuju metaverse alias metasemesta.

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) sudah menyatakan diri sebagai kampus metaverse dengan cara menyiapkan mahasiswanya menjadi generasi transformatif yang sanggup menghadapi perubahan di masa depan. 

Kesungguhan UHAMKA dalam membangun sistem belajar-mengajar secara virtual di kampus metaverse dapat menjadi awal dari sebuah era baru untuk bidang pendidikan masa depan Indonesia. Yuk, tunggu apalagi? segera kunjungi uhamka.ac.id dan daftarkan diri anda sekarang juga untuk menjadi bagian dari UHAMKA yang mengusung kampus metaverse agar para lulusan dari Indonesia tak kalah saing dalam bursa tenaga kerja global.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "UHAMKA Kembangkan Konsep Kampus Virtual untuk Merambah Kampus Metaverse"

loading...