Kursus Untuk Menjadi Seorang Programmer


Programmer adalah keahlian untuk membuat dan mengolah perintah-perintah atau bahasa pemrograman kepada suatu perangkat komputer atau perangkat lain yang sejenis. Cukup banyak generasi sekarang yang berminat untuk menjadi seorang programmer. Tujuan mereka bermacam-macam, mulai dari ingin mendapatkan pekerjaan, hobi, berminat, berbakat ataupun hanya sekedar tertarik. Apapun tujuan seseorang untuk menjadi seorang programmer, tetap saja jalan untuk menjadi programmer bukan jalan yang cepat tapi jalan yang sangat panjang dan butuh kesabaran. Bagi seorang yang berbakat mungkin dapat dengan cepat memahami bahasa pemograman tapi tetap saja untuk mendalami dunia programming tidak cukup hanya bakat tapi membutuhkan keahlian yang mendalam serta fokus.

Terdapat banyak sekali kursus programmer, yaitu lembaga kursus yang fokus untuk membuat pesertanya bisa menjadi seorang programmer yang cukup handal. Kursus programmer ini mengajarkan bahasa pemrograman tertentu. Biasanya satu jenis kursus akan fokus dan intensif mengajarkan satu bahasa pemrograman saja. Pesertanya dituntut untuk menguasai satu bahasa pemrograman kemudian pada bagian akhir kursus biasanya akan diberikan fasilitas dalam bentuk sertifikat kursus. Kursus untuk menjadi seorang programmer ini atau yang biasa disebut dengan istilah kursus programming bermacam-macam juga jenisnya. Kita akan mencoba membahas beberapa jenis kursus programmer yang ada sekarang ini.

Kursus Programmer Dalam Kelas

Kursus programmer ini dilakukan secara offline atau pada tempat tertentu, biasanya memakai fasilitas kelas. Kursus seperti ini biasanya terjadwal sehingga peserta perlu menyesuaikan jadwal kursus dengan jadwal kegiatan lain. Terdapat beberapa jenis jadwal yang biasa dipakai, pertama adalah kursus normal pada hari biasa dan jam kerja, kedua adalah kursus malam hari untuk peserta yang mempunyai kegiatan lain pada siang hari dan terakhir adalah kursus pada hari sabtu atau minggu untuk peserta karyawan. 

Kelebihan kursus dalam kelas adalah pesertanya dapat secara langsung berinteraksi dengan pengajar. Peserta dapat menanyakan langsung topik-topik yang mungkin masih belum dimengerti. Sedangkan kekurangan kursus dalam kelas adalah harganya biasanya mahal dan karena terjadwal maka tidak jarang peserta kesulitan untuk mengatur waktu.

Kursus Programmer Secara Online

Kursus programming online adalah metode yang sekarang cukup diminati. Karena infrastruktur internet yang memadai dan perangkat komputer yang semakin canggih maka metode kursus programming online ini banyak bermunculan. Biasanya peserta mengikuti kelas online melalui video call seperti Zoom atau Google Meeting. Peserta dapat bertanya secara langsung kepada pengajar secara online. 

Kelebihan kursus programming online adalah jadwal yang fleksibel sehingga peserta dapat menyesuaikan jadwal kegiatannya dengan lebih mudah. Kelebihan lain adalah harga kursus secara online biasanya lebih murah karena penyedia kursus tidak perlu menyediakan ruangan kelas.

Kekurangan kursus programming online adalah interaksi dan komunikasi peserta dengan pengajar biasanya tidak semudah kursus dalam kelas. Kemungkinan saling salah memahami antara peserta dan pengajar agak besar. Kekurangan lain adalah peserta harus menyediakan jaringan internet yang cukup bagus agar dapat mengikuti kursus dengan lancar.

Kursus Programmer Intensif

Kursus programmer secara intensif ini biasa disebut dengan istilah bootcamp. Pesertanya akan diberikan materi belajar pemrograman beserta tugas-tugas pemrograman secara intensif dalam waktu yang cukup lama. Kursus intensif ini memakan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Kursus intensif ini biasanya diadakan oleh perusahaan yang ingin mencari calon programmer untuk menjadi tenaga ahli internal mereka sendiri atau untuk diedarkan kepada proyek-proyek mitra mereka sendiri. 

Kelebihan kursus programmer intensif adalah peserta yang lulus akan sangat mahir dan dapat langsung diterjunkan ke dalam dunia kerja. Kekurangannya adalah jumlah peserta yang dapat mengikuti biasanya terbatas dan harus melewati penyaringan awal yang sangat ketat.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Kursus Untuk Menjadi Seorang Programmer"

loading...