3 Manfaat Yoga untuk Pesepeda

Semakin banyak kalangan tertarik bersepeda. Kini, bersepeda tidak hanya bertujuan olah raga atau menyalurkan hobi, tetapi sudah menjadi gaya hidup sehat yang banyak dikampanyekan. Hal itu membuat banyak pesepeda menyadari bahwa bersepeda bukan hanya mengayuh pedal, atau seberapa cepat dan seberapa jauh sepeda dapat terkayuh. Akan tetapi, dibutuhkan persiapan matang sebelum dan sesudah bersepeda yang sangat penting demi kesehatan jangka panjang.

Sebetulnya, bersepeda merupakan olah raga yang sudah lengkap. Mulai dari pemanasan, olah raga inti, dan pendinginan. Akan tetapi, beberapa bagian otot tubuh jadi sedikit "nganggur'' karena tidak beroperasi ketika bersepeda.

Berangkat dari pemikiran itu muncullah Yoga for Goweser. Tujuan dari Yoga for Goweser ini terdiri atas tiga poin. Poin pertama melatih dan menguatkan otot-otot yang "nganggur" ketika bersepeda, seperti otot core (perut), otot hamstring, otot belakang paha, otot dalam paha (hip adductor), otot luar paha (hip abductor), otot dada (pectoratis major), dan otot bahu (deltoid, triceps, biceps).

Poin kedua, melatih pernapasan. Napas bisa merilekskan otot dan memperdalam stretch, juga mengaktrikan saraf parasimpatis yang dapat memperlambat denyut jantung sehingga mencegah serangan jantung mendadak.

Poin ketiga, melatih mindset supaya tidak mudah menyerah seberat apa pun medan yang dilalui, dan supaya lebih kuat sampai di tujuan. Memang sangat terasa manfaat dari latihan pernapasan serta mindset ketika kita bersepeda. Napas menjadi lebih teratur sehingga denyut jantung pun lebih teratur mengikuti napas. 
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

No comments for "3 Manfaat Yoga untuk Pesepeda"

loading...