iklan space 728x90px

15 Menit Merawat PC Agar Performa Tetap Terjaga

Pernahkah Anda mengalami komputer atau laptop semakin lama jalannya lebih lambat, bahkan sempat hang. Banyak hal yang menyebabkan komputer tersebut mengalami masalah. Memang bila PC atau laptop Anda baru biasanya bekerja dengan cepat.

Bagi pengguna awam, dimana hanya menggunakan komputer untuk pekerjaan dan bukan seorang yang punya hobi utak-utik sistem. Bagi pengguna awam, melakukan maintanance atau perawatan komputer adalah satu pekerjaan yang cukup ribet dan terlihat sulit. 

Hal ini memang wajar, tetapi saat komputer membutuhkan waktu yang lama untuk boot, atau ketika hang, membeku. Sudah dipastikan Anda akan jengkel dibuatnya.

Sebelum Anda berpikir untuk membawa PC atau laptop ke service hanya untuk memperbaiki performa atau kinerja sistem Windows. Sebaiknya lakukan beberapa proses perawatan sendiri. Dan Anda hanya membutuhkan waktu relatif singkat, berkisar 15 menit.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan beberapa langkah untuk bisa mengembalikan performa PC atau laptop tersebut dengan memanfaatkan utility atau aplikasi gratis dari Windows.

Manfaatkan Tool Bawaan Windows
Anda bisa memanfaatkan tool bawaan Windows yang telah disertakan dalam sistem. Tetapi tool ini tidak bisa berjalan secara otomatis kecuali Anda yang menjalankannya. Memang Windows telah dilengkapi dengan berbagai tool yang dapat membantu Anda untuk tugas pemeliharaan PC.

Untuk segala sesuatu yang lain ada utilitas gratis yang dapat Anda unduh. Beberapa alat ini meliputi:

Disk Cleanup
“Disk Cleanup” telah ada dalam satu bentuk atau lain sejak Windows 9x karena itu salah satu cara termudah dan tercepat untuk membersihkan hard disk Anda tanpa menginstal perangkat lunak pihak ketiga. Tool ini cocok digunakan untuk membebaskan ruang disk.

Drive Optimizer
Ketika datang untuk menjaga sistem Anda berjalan dengan baik, optimasi hard drive adalah penting. Windows termasuk tool yang hebat untuk menjaga drive Anda dalam kondisi prima.

Task Manager
“Task Manager” selalu masuk ke tool geek untuk mendiagnosa dan mengurangi menurunnya kinerja sistem. Windows 8x melanjutkan tradisi ini dengan menarik “Task Manager” dan meningkatkan tool diagnostik.

File History
“Backup data”, mungkin itu kata yang paling sering Anda dengar. Windows 8x memasukkan tool sederhana seperti “File History” dan “Sistem Image” sehingga Anda dapat melindungi diri dari kehilangan data.

Sistem Cleaners
Tool pembersihan yang datang dengan Windows bekerja dengan baik, jangan sampai kita salah, tetapi jika Anda benar-benar ditekan untuk memperluas ruang, maka kadang-kadang Anda perlu untuk menggali sedikit lebih dalam.

CCleaner adalah sebuah program gratis yang dapat Anda unduh dan instal akan membasmi semua baki ruang dan aman menghapusnya.

Gratis Cloud Storage
Ada pilihan penyimpanan cloud, banyak yang memberikan ruang untuk mendaftar, seperti dalam Google Drive (15 GB) dan Microsoft One Drive (7 GB), ruang kosong ini sudah cukup untuk membuat backup dokumen penting Anda dan foto.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "15 Menit Merawat PC Agar Performa Tetap Terjaga"