iklan space 728x90px

Cara Menentukan Partisi Sesuai yang Kita Butuhkan

Partisi yang membagi ataupun menyekat ruangan memang memiliki banyak keuntungan dan fungsi. Penggunaannya pun bisa secara fungsional atau hanya menjadi elemen dekoratif yang memberikan aksen pada keseluruhan desain interior.

Kebanyakan partisi memang bersifat mobile atau mudah dipindahkan. Apalagi, partisi berbentuk panel lipat yang sangat fleksibel peletakannya. Ya, partisi itu praktis dan indah. Namun, bagaimana cara menentukan partisi sesuai yang kita butuhkan?

Berbagai sumber menyebutkan beberapa panduan sebelum kita menentukan partisi seperti apa yang kita butuhkan atau beli maupun kita buat. Berikut ini beberapa panduan yang bisa dimulai dari beberapa pertanyaan yang harus kita jawab sendiri.

Apa gaya yang ingin kita pilih?
Ada banyak desain partisi yang bisa kita pilih. Untuk membantu menentukan pilihan, mulailah dengan menganalisis apa gaya dekorasi ruangannya saat ini. Itu akan membantu menentukan gaya apa yang akan melengkapinya. Kalau gaya ruangan itu kasual atau eklektik, partisi dari rotan bisa memberikan sentuhan yang pas. Kalau memiliki ruang yang lebih bergaya kontemporer, pertimbangkanlah partisi berbahan kulit imitasi atau yang dibungkus dengan bahan kain seperti suede. Kalau ingin bergaya tradisional, partisi ala Jepang cocok dipilih.

Seberapa tinggi dan lebar partisi ruangan yang harus kita pillh?
Menentukan ukuran, itu sangat bergantung pada seberapa banyak privasi yang kita inginkan. Kalau partisi itu ingin difungsikan sebagai dinding pembatas, gunakan partisi yang tingginya hampir menyentuh atau betul-betul menyentuh plafon langit-langit rumah. Gunakan panel yang cukup panjang untuk memotong ruangan menjadi beberapa bagian yang diinginkan. Partisi semacam itu bisa tetap bergaya dekoratif seperti dimanfaatkan sebagai tempat menggantung bingkai foto ataupun rak penyimpanan.

Apa material yang sebaiknya kita pilih?
Jawaban atas pertanyaan ini merupakan keputusan pertimbangan estetik dan fungsional sekaligus. Materi yang ringan seperti kanvas akan lebih melengkapi dekorasi ruangan dibandingkan dengan materi yang lebih substansial seperti kayu atau lacquer. Bahan kanvas itu memang akan membuat cahaya masih menembus batasnya. Kalau menginginkan panel kanvas sebagai detail dekoratif, pilihlah kanvas bergambar.

Apakah kita harus menggunakan partisi yang bisa digulung ke atas?
Partisi yang bisa digulung ke atas itu bentuknya menyerupai window blind. Partisi itu terhubung sampai ke plafon langit-langit rumah dan dikaitkan ke atas dengan menggunakan nook. Saat ingin dimanfaatkan membatasi ruang demi privasi, barulah partisi itu dilepaskan ke bawah. Bila ingin menggunakan partisi seperti itu, pilihlah yang tingginya mencapai 1,8 meter. Dengan tinggi seperti itu, barulah partisi akan betul-betul bermanfaat untuk privasi ruangan. 

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menentukan Partisi Sesuai yang Kita Butuhkan"