iklan space 728x90px

Mengenal Peran Penting Video Explainer dalam Branding Suatu Produk atau Jasa


Sebuah bisnis yang sukses dilatarbelakangi dengan usaha dalam melakukan branding.  Branding yang baik pastinya bisa menarik perhatian. Salah satu media yang bisa membuat branding menarik adalah video explainer.

Pada dasarnya video explainer adalah video animasi dengan durasi yang termasuk cukup pendek. Isi video itu umumnya akan terpusat pada penjelasan tentang produk, jasa, bisnis, sampai program yang diadakan. Dibuat dengan cara sederhana dan dapat dipahami secara mudah tentunya. 

Video explainer lazim dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami oleh banyak orang. Sehingga bisa menjadikan orang tertarik melihatnya atau bahkan membuat audiens merasa senang. Itulah mengapa video explainer disebut sebagai media sarana branding yang amat tepat untuk Anda pilih.

Jenis Video Explainer

Video explainer mempunyai beberapa jenis, tentunya mempunyai perbedaan yang termasuk signifikan. Ada 3 jenis video explainer yang dapat Anda ketahui. 

1. Animasi 

Animasi adalah salah satu jenis video explainer yang menarik perhatian banyak orang. Format dengan animasi ini memang amat memanjakan mata para audiens yang melihatnya. Animasi ini merupakan film yang terbuat dari rangkaian gambar yang digerakkan. 

Animasi juga mempunyai berbagai jenis. Anda mungkin dapat menggunakan jenis video animasi untuk menarik perhatian audiens dalam membuat video explainer tentang produk atau jasa. 

Video explainer animasi umumnya dibuat dengan mengilustrasikan informasi tentang produk atau jasa sebuah perusahaan. Tentu saja dibuat dengan tangkapan asli produk milik perusahaan itu. 

2. Live Action 

Berbeda halnya dengan jenis animasi yang mengandalkan pada ke-kreativitasan, live action adalah jenis video yang lebih realistis dan simpel.

Live action merupakan kebalikannya dari animasi. Bersifat non-animasi, tetapi tetap mempunyai tujuan yang sama yaitu menjelaskan produk atau jasa layanan bisnis sebuah perusahaan. . 

Bila Anda menjual sebuah produk fisik atau layanan perusahaan yang  berorientasi pada manusia, jenis video explainer live action adalah pilihan tepat. Video live action dibuat dengan menampilkan produk fisik atau orang  asli sehingga bisa membentuk hubungan emosional untuk para audiens.   

3. Whiteboard

Sesuai dengan namanya video explainer jenis whiteboard merupakan video penjelasan tentang produk atau jasa di mana animasinya digambar dengan menggunakan tangan dan dihapus di whiteboard (papan tulis).

Jenis video explainer ini adalah format video yang cukup terkenal karena kemudahan dalam membuatnya dan harganya yang cukup rendah. Video explainer whiteboard ini mempunyai nilai harga yang termasuk murah ketimbang jenis video explainer lainnya.   

Jenis video explainer whiteboard dapat menjadi pilihan strategi tepat dalam menyampaikan ide-ide atau informasi yang tergolong rumit dengan cara intuitif.  Pasalnya video jenis ini digunakan untuk bisnis yang berbasis teknologi atau akademis yang tergolong kompleks. 

Pembuatan video explainer jenis ini dengan cara memperlihatkan gambar buatan tangan dengan spidol hitam maupun berwarna dengan latar belakangnya berwarna putih (whiteboard). 

Penggunaan Video Explainer

Penggunaan video explainer amat luas. Berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan video explainer. 

1. Bisnis dan Marketing

Pemanfaatan atau fungsi video explainer yang pertama adalah terdapat pada bidang bisnis dan marketing. Di sini video explainer mempunyai peran yang lumayan penting dalam mempresentasikan maupun melakukan promosi dalam suatu produk atau layanan jasa bisnis yang dipertunjukkan oleh sebuah perusahaan.

Dengan video explainer mampu menjelaskan tentang segala hal yang ingin Anda informasikan tentang produk-produk itu. Menggunakan video explainer sebagai sarana branding tentang penjelasan informasi produk amatlah tepat. Karena para audiens akan dengan mudah mengerti isi informasi yang disampaikan lewat media itu. 

Dibuat dengan semenarik mungkin tentunya membuat si audien ikut tertarik dengan produk-produk yang dipertunjukkan itu. Bila Anda melakukan promosi dengan memakai media video explainer, kemungkinan peluang untuk mendapatkan keuntungan semakin besar. Oleh sebab itu buatlah video explainer sebagai video marketing dengan semenarik mungkin supaya bisa meningkatkan daya jual pada sebuah produk perusahaan itu.

2. Bidang Kesehatan

Yang tidak kalah penting tentang peran penting yang dimiliki oleh video explainer adalah dalam bidang kesehatan. Video explainer ikut serta berperan karena bisa memberikan informasi tentang kesehatan dengan semenarik mungkin. 

Apalagi dalam penyuluhan kesehatan pada masyarakat. Dengan pembuatan video informasi singkat tentang kesehatan dan disampaikan dengan sedemikian rupa supaya mudah dipahami oleh masyarakat akan menunjang keefektifan penyuluhan kesehatan. 

Bila umumnya penyuluhan kesehatan amat membosankan, Anda dapat menggunakan sarana ini untuk menarik perhatian masyarakat tentang informasi kesehatan yang disampaikan.

3. Bidang Pendidikan

Pendidikan adalah penting. Tetapi bila cara mendidiknya membosankan tentunya menyebabkan para siswanya agak kesulitan dalam memahami penjelasan pembelajaran maupun materi kelas. 

Dengan penyampaian berupa video singkat beranimasi akan menyebabkan murid tertarik sehingga bisa dipahami dengan baik. 

Demikianlah sekilas informasi tentang video explainer. Saat ini video explainer merupakan sarana media yang telah digunakan secara  luas. 

Nah, untuk Anda yang sedang memerlukan video explainer untuk produk, jasa, maupun kepentingan lainnya, tetapi tidak bisa dalam pembuatannya atau produksinya, Anda dapat menghubungi jasa terpercaya dan berpengalaman seperti Videos.id.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Peran Penting Video Explainer dalam Branding Suatu Produk atau Jasa"