Mengenal 4 Fungsi Asuransi yang Masih Jarang Kita Ketahui


Selama ini banyak orang sering mendengar sebutan asuransi. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui fungsi asuransi sebenarnya. Sehingga banyak orang yang masih belum menggunakan asuransi secara efektif dengan mendaftar sebagai peserta asuransi.

Asuransi bisa dibilang sebagai salah satu bentuk dari investasi masa depan yang akan menyajikan perlindungan untuk beragam kemungkinan. Masyarakat bisa menggunakan beragam jenis asuransi, seperti asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, asuransi jiwa dan lain sebagainya.

Di sini masyarakat bisa mendaftarkan diri selaku peserta dan membayarkan sejumlah uang sebagai iuran atau tagihan secara rutin untuk perencanaan di masa depan. Berbagai jenis asuransi bisa memberikan manfaat kemudahan tersendiri untuk setiap pesertanya guna merencanakan masa depan.

Apa Itu Asuransi

Sebelum Anda mengetahui berbagai fungsi asuransi, perlu dipahami terlebih dulu apa itu asuransi. Asuransi bisa diartikan sebagai suatu kontrak yang dilakukan antara individu ataupun sekelompok individu dengan perusahaan penyedia jasa asuransi.

Dalam kontrak ini seseorang yang sudah mendaftarkan diri sebagai pemegang asuransi harus membayar sejumlah uang dengan cara rutin kepada pihak pemberi asuransi (penyedia jasa asuransi) sehingga perusahaan asuransi bisa menanggung beragam risiko yang bisa timbul di masa depan. Entah itu berupa pembiayaan layanan kesehatan, pembayaran uang pendidikan, sampai pembiayaan terhadap kendaraan yang rusak.

Fungsi Asuransi

Ada beberapa fungsi asuransi yang dilakukan oleh penyedia asuransi. Beberapa fungsi asuransi di bawah ini merupakan fungsi utama yang dijalankan perusahaan dalam memberikan manfaat untu para pesertanya. Berikut ini fungsi asuransi yang penting sekali diketahui.

Memberikan Perlindungan

Fungsi asuransi yang utama tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan perlindungan kepada setiap pemegang polis atau peserta. Bisa dibilang ini adalah fungsi paling penting dari asuransi di mana perusahaan akan memberikan perlindungan pada risiko, kecelakaan, dan ketidakpastian di masa depan nanti. Dalam prosesnya pihak perusahaan asuransi akan memeriksa realitas ataupun keadaan yang terjadi.

Selanjutnya perusahaan asuransi akan membayar maupun menanggung biaya kerusakan ataupun kerugian yang dialami oleh peserta pemegang polis. Ini menjadi sebuah kewajiban dan tanggung jawab yang mesti ditunaikan oleh setiap perusahaan asuransi kepada para pesertanya.

Memberikan Kepastian

Fungsi asuransi yang tak kalah penting berikutnya adalah memberikan kepastian. Sebagaimana kita ketahui, kehidupan di masa depan itu penuh dengan ketidakpastian. Berbagai hal yang akan terjadi nanti adalah sesuatu yang tak pasti, mungkin terjadi dan mungkin juga tidak terjadi. Inilah yang menjadi alasan jumlah dan waktu kerugian yang akan diterima seseorang di masa depan nanti tak bisa diukur secara jelas dan tepat.

Dalam hal ini asuransi bisa dimanfaatkan sebagai sarana atau alat untuk menunjang mengurangi ketidakpastian yang terjadi. Asuransi dapat memberikan kepastian pembayaran maupun penanggungan kerugian yang akan diterima seseorang. Entah itu kerugian dalam hal kerusakan barang, kecelakaan, ataupun hal-hal lainnya yang tak terduga. Dengan demikian peserta asuransi dapat sedikit lebih tenang sebab telah mempunyai penjamin dan pelindung bila sewaktu-waktu terjadi hal buruk.

Mengevaluasi Risiko

Fungsi asuransi yang penting diketahui selanjutnya ialah mengevaluasi risiko. Seseorang bisa mengalami kerugian berbentuk materi atau fisik bila terjadi sesuatu yang di luar dugaan. Besarnya risiko kerugian ini juga tak bisa diperkirakan sebelumnya. Sehingga bila tak dipersiapkan segala kemungkinannya secara baik tentunya penanganan pun akan menjadi lebih sukar.

Dalam hal ini, asuransi juga memberikan peranan untuk mengevaluasi risiko kerugian yang mungkin saja akan terjadi. Dengan menilai serta menganalisis beragam faktor, perusahaan asuransi dapat memberikan perkiraan kerugian yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Dengan demikian perusahaan asuransi akan membantu peserta dalam menangani setiap risiko masalah yang timbul nanti. Ini merupakan salah satu fungsi utama yang mesti dilakukan oleh perusahaan asuransi terhadap pesertanya atau pemegang polis.

Mendistribusi Risiko atau Membagi Kerugian Finansial

Adapun fungsi asuransi yang terakhir ialah mendistribusi risiko maupun membagi kerugian finansial. Ini menjadi sebuah bentuk ataupun upaya kerja sama yang bisa dilakukan di mana risiko bisa didistribusikan atau ditanggung diantara sekelompok orang maupun beberapa pihak.

Dengan demikian tak ada salah satu pihak yang akan menanggung kerugian yang dibuat sendiri. Sehingga beban tanggungan pun akan jauh menjadi lebih ringan. Ini pun menjadi faktor penting untuk menyiapkan dan merencanakan masa depan agak lebih terukur.

Nah, itulah 4 fungsi asuransi yang masih jarang kita ketahui, padahal fungsinya sangat penting untuk memberikan perlindungan terbaik bagi masa depan.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal 4 Fungsi Asuransi yang Masih Jarang Kita Ketahui"

loading...