Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Iritasi Pada Popok Bayi


Iritasi pada popok bayi kerap terjadi. Walau biasa terjadi, namun tidak boleh menganggapnya sepele sebab iritasi bisa berkembang menjadi sebuah infeksi. Untuk itu, orang tua, terutama ibu harus mengetahui cara mengatasi iritasi pada popok bayi.

Iritasi pada kulit sensitif bayi sering terjadi. Bila area penggunaan popok pada pantat bayi Anda nampak merah dan iritasi, maka besar kemungkinan ia menderita iritasi pada popok.

Pada dasarnya iritasi pada popok bayi merupakan keadaan yang biasa terjadi pada bayi. Keadaan ini ditandai dengan adanya kulit kering dan melepuh, bercak kemerahan, serta luka lecet di bagian alat kelamin, paha, maupun bokong.

Sebenarnya iritasi pada popok bayi bukanlah semata-mata suatu kesalahan dalam penggunaan popok. Entah itu popok sekali pakai maupun jenis popok kain. Tetapi juga bisa lantaran timbul reaksi alergi terhadap jenis makanan baru ataupun iritasi akibat pipisnya itu sendiri.

Mengapa kulit bayi condong lebih sensitif daripada kulit orang dewasa? Hal ini dikarenakan berbagai hal. Pertama, kulit bayi yang amat lembut dan lebih tipis dari kulit orang dewasa mempunyai lebih sedikit pelembap alami ketimbang kulit orang dewasa. 

Di samping itu, kulit bayi lebih gampang kehilangan cairan daripada kulit orang dewasa. Itulah sebabnya mengapa kulit bayi lebih gampang mengalami iritasi pada popok seperti ruam popok atau dalam dunia medis dikenal sebagai dermatitis popok (diaper rash).


Penyebab Iritasi Pada Popok Bayi

Masalah iritasi pada popok bayi yang tak ditangani dengan baik dapat mengganggu kenyamanan sang bayi. Keadaan ini kebanyakan disebabkan oleh:

  • Kurangnya kebersihan di bagian pantat bayi, terlebih saat terlambat membersihkan pantat dan mengganti popoknya.
  • Terjadi gesekan antara kulit dan popok yang tidak pas atau salah ukuran.
  • Keringat yang berlebihan di bagian kulit yang tertutup popok dan cuaca panas.
  • Adanya amonia dan bakteri pada kotoran dan air seni bayi tersebut. Kedua zat ini dapat mengiritasi dan melukai kulit bayi.


Cara Atasi Iritasi Pada Popok Bayi

Mengatasi iritasi pada popok bayi memerlukan kesabaran dan ketekunan. Biasanya bila ditangani secara baik ruam akibat iritasi akan sembuh dan menghilang dalam waktu 3 hingga 4 hari.

Akan tetapi lekas hubungi dokter bila ruam akibat iritasi terlihat semakin parah dan menjadi infeksi. Gejalanya berupa seperti luka yang terbuka, timbul bintil-bintil berisi nanah atau lecet parah.

Sebaiknya hubungi dokter bila ruamnya tidak hilang atau anak menjadi demam sesudah melakukan beberapa perawatan yang dapat dilakukan di rumah berikut ini.

  • Menjaga kebersihannya dengan kerap mengganti popok, khususnya setiap bayi BAB (buang air besar). Tak terkecuali bangun pada malam hari untuk mengganti popok bayi.
  • Bilaslah area pantat bayi dengan baik setiap ganti popok. Janganlah menggunakan tisu yang mengandung wewangian atau alkohol. Cukup dengan menggunakan air hangat dan kapas.
  • Dengan handuk lembut tepuklah kulit pantat bayi sampai kering. Awas jangan digosok. Lantas gunakanlah salep yang aman pada kulit bayi yang telah kering benar selaku pelindung terhadap gesekan dengan popok.
  • Pakaikan popok yang sedikit longgar pada bayi untuk memungkinkan terciptanya sirkulasi udara yang lebih baik. Bila Anda memakai popok sekali pakai, cobalah ganti dengan merk yang berbeda. Kadang-kadang kulit sensitif bayi alergi pada kandungan dalam popok merk tertentu.
  • Sekali-kali, biarkanlah pantat bayi bebas dari popok. Tetapi pastikan tempat ia bermain harus dalam ruangan yang hangat, bebas dari kuman, dan bersih. Biarkan iuga pantat bayi terbuka ketika dijemur di bawah sinar matahari pagi.

Selain dengan cara-cara di atas, masalah ini juga dapat diatasi dengan menggunakan produk khusus, seperti popok Merries Good Skin yang bisa menghindari iritasi karena memiliki permukaan popok yang lembut disertai sirkulasi udara yang baik.

Bagaimana, ternyata tidak sulit 'kan untuk menyembuhkan iritasi pada popok bayi? Semoga saja artikel ini bermanfaat.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Iritasi Pada Popok Bayi"

loading...