Ini Alasan Pentingnya Social Media Management dalam Dunia Bisnis


Saat ini istilah social media management bukanlah hal yang baru. Apalagi sekarang media sosial telah menjadi fenomena yang berkembang cepat dalam ranah bisnis. Seringkali pelaku bisnis yang telah menggunakan social media management sebagai salah satu elemen penting dari strategi marketing.

Social media management dikembangkan dengan beberapa fitur yang menjanjikan sebagai alat untuk mempromosikan perusahaan dan produk. Dalam teknik pemasaran ini bisa dianggap sebagai bagian dari kegiatan pemasaran online.

Apa itu Social Media Management?

Social media management merupakan suatu cara yang dilakukan pelaku bisnis dalam memperkenalkan merek atau produk/jasa pada para pengguna media sosial secara luas. Social media management melibatkan penggunaan berbagai tools, software maupun layanan yang bisa membantu setiap para pelaku bisnis dalam membagikan konten bisnisnya di berbagai media sosial, seperti buffer dan tweepi.

Hal-hal yang termasuk dalam aktivitas social media management, seperti menjadwalkan rencana pemasaran (misalnya waktu postingan di media sosial), berinteraksi dengan target audiens, dan mengelola respon di media sosial dengan cepat.

Akan tetapi mendalami dunia media sosial ini bukanlah hal yang mudah. Untuk itu kita membutuhkan social media manager. Social media manager ini adalah seseorang yang dipercaya perusahaan dalam mengamati, mengeksekusi, menyaring, menyunting dan mengukur eksistensi media sosial dari suatu perusahaan, brand maupun perorangan.

Pentingnya Social Media Management

Sekarang jumlah perusahaan yang menggunakan media sosial untuk kegiatan perusahaan memperlihatkan tren yang cukup positif. Hal ini ditunjang oleh semakin meningkatnya respon konsumen lewat media sosial untuk melakukan interaksi dengan brand/perusahaan.

Perkembangan media sosial mampu merefleksikan perpindahan kepercayaan konsumen dari produsen ke konsumen lainnya.

Beberapa teknik social media management yang efektif sudah berhasil membuat media iklan yang amat berpengaruh di seluruh dunia.

Tak cuma untuk perusahaan saja, malahan social media management nyatanya menjadi alat yang amat efektif untuk usaha perorangan.

Dengan begitu jika social media management dikelola secara baik, maka dapat diperkirakan bahwa media sosial akan menyajikan harapan bisnis yang lebih baik dalam jangka panjang.

Ada berbagai alasan untuk Anda guna mengaplikasikan sosial media management dalam bisnis di era digital ini. Dapat dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan, seperti konversi, branding, dan social media marketing

Beberapa alasan yang lainnya, antaar lain:

  • Meningkatkan customer support dan mengendalikan reputasi brand secara lebih baik.
  • Memahami minat audiens dengan lebih baik.
  • Banyaknya pilihan platform media sosial dan pilihan konten yang tepat untuk dapat menaklukkan hati konsumen.
  • Bisnis dapat menjangkau berbagai kalangan dan lebih terbuka.
  • Memperluas pasar.
  • Mudah melakukan aktivitas secara terjadwal, seperti posting konten tetap dan teratur
  • Waktu lebih hemat

Sayangnya tak semua pelaku bisnis mempunyai kemampuan, biaya, waktu, dan kesempatan yang sama untuk menjalankan sosial media management. Bila bisnis Anda telah besar dan mempunyai bujet lebih, perlu dilakukan kolaborasi atau kerjasama dengan pihak ketiga, bahkan minta bantuan pihak ketiga. Salah satunya adalah dengan FirstPage yang siap membantu Anda membangun brand awareness melalui media sosial.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Ini Alasan Pentingnya Social Media Management dalam Dunia Bisnis"

loading...