Trik Hitung DP Mobil Yang Tepat


Sebelum mengajukan kredit pembelian mobil, Anda tentu perlu memahami terlebih dulu berapa uang DP mobil yang harus dibayarkan berdasarkan jenis mobil yang akan dibeli. Untuk tahu berapa DP yang harus dibayar, sebenarnya bisa langsung datang ke Bank tempat ingin ajukan kredit. 

Namun tidak ada salahnya untuk tahu trik yang tepat dalam menghitung DP yang harus dibayar. Dengan begitu Anda juga bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki untuk membeli satu unit mobil. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana bahwa pembayaran DP besar akan berpengaruh pada jumlah kredit. 

Trik Hitung DP dan Ajukan Kredit Beli Mobil

Jumlah nominal pembayaran DP untuk satu unit mobil tentu berbeda-beda. Biasanya pihak dealer akan melakukan perhitungan berdasarkan harga mobil yang ingin dibeli. Maka sebelum mengesahkan untuk beli mobil, perhatikan beberapa trik berikut ini yang berkaitan dengan pembayaran DP dan pengajuakn kredit:

1. Hitung Budget Yang Dimiliki

Sebelum membeli mobil sudah pasti Anda memiliki rencana terkait budget yang akan dipakai untuk membeli satu unit mobil. Dalam hal ini Anda juga perlu riset terkait harga pasaran mobil dari yang paling murah hingga yang paling mahal. 

Dengan begitu Anda bisa menentukan budget yang akan dipakai. Anda juga bisa menambahkan budget yang akan dipakai jika memang pilihan mobil yang ingin dibeli ternyata kurang sesuai dengan perkiraan harga. 

2. Cari Mobil Dengan Harga Sesuai Budget

Mencari mobil sesuai budget ini bukan berarti harus menghabiskan seluruh dana budget yang sudah disiapkan. Anda bisa mencari mobil yang harganya di bawah nominal budget, asalkan tetap memenuhi kebutuhan Anda akan mobil. 

Untuk memudahkan Anda dalam mencari mobil sesuai budget ini, Anda bisa kunjungi laman online SEVA. Laman ini menyediakan fitur yang bernama instant approval. 

Fitur ini akan memberikan beberapa pilihan mobil lengkap dengan kisaran harganya, sehingga bisa disesuaikan dengan budget.  

3. Lakukan Perhitungan Pembayaran DP

Setelah mengetahui jenis mobil beserta harga pasarannya, baru Anda bisa mulai melakukan perhitungan untuk pembayaran DP. Secara umum DP yang dibayar adalah 20% dari harga mobil tersebut. Anda bisa gunakan permisalan harga mobil 150 juta rupiah. 

Maka perhitungannya menjadi 150 juta x 20% = 30 juta rupiah. Jadi DP yang harus Anda bayarkan setidaknya adalah 30 juta. Namun biasanya dealer juga bisa melayani keinginan pelanggan yang ingin membayar DP dengan jumlah yang lebih besar. 

Pasalnya pembayaran DP yang lebih besar akan memperkecil jumlah cicilan yang harus dibayarkan untuk kredit mobil tersebut. 

4. Ajukan Kredit

Setelah memahami perhitungan DP beserta kemampuan budget untuk bisa membayar DP dan cicilannya, Anda sudah bisa mulai mengajukan kredit pada pihak dealer. Anda bisa mulai cari tahu dokumen apa saja yang harus disiapkan untuk bisa mengajukan kredit mobil ini. 

Lengkapi semua persyaratan dan bayar DP terlebih dulu. Jika memungkinkan, lakukan pembayaran dengan jumlah nominal yang lebih besar. Anda akan lebih banyak diuntungkan jika nominal DP yang dibayarkan besar. 

5. Memilih Metode Pembayaran DP dan Cicilan

Untuk membayar DP ini umumnya dealer akan menyediakan beberapa pilihan metode yang berlaku juga untuk pembayaran cicilan tiap bulannya. Anda bisa memilih metode yang sekiranya tidak merugikan Anda dalam hal pengeluaran berlebihan. 

Pembayaran DP untuk satu unit mobil memang berbeda-beda bergantung pada jenis mobil dan layanan dealer mobil tersebut. Meskipun sudah ada ketentuan perhitungan DP yang harus dibayarkan, namun Anda bisa lakukan penawaran untuk memilih DP yang lebih besar agar proses cicilan lebih mudah. 


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Trik Hitung DP Mobil Yang Tepat"

loading...