Cara Menyusui Sembari Menggendong Bayi, Kaum Ibu Wajib Tahu


Sesudah bayi lahir, ada beberapa hal yang penting orang tua perhatikan dengan teliti, di antaranya adalah cara menyusui bayi dan menggendong si buah hati.

Ada beberapa posisi menyusui yang dapat membuat ibu dan bayi nyaman. Salah satu di antaranya yakni menyusui sembari menggendong bayi.

Posisi menyusui ini kerap dipakai pada ibu yang menjalani lebih dari satu kegiatan. Biasanya menggendong sembaril menyusui dibantu dengan jarik atau kain gendongan.

Menggendong merupakan salah satu aktivitas yang kerap dilakukan orang tua kepada buah hatinya yang baru lahir. Di samping menjadikan bayi nyaman, aktivitas ini pun kerap dihubungkan dengan kegiatan menyusui.

Menurut Astri yang dilansir dari YouTube AIMI ASI mengatakan bahwa aktivitas orang tua dan bayi baru lahir tersebut tak jauh dari hal menyusui, stimulasi tumbuh kembang, pemantauan perkembangan, dan imunisasi.

Tidak hanya untuk menyusui, menggendong pun dapat dijadikan stimulasi tumbuh kembang loh. Kita dapat langsung menanggapi keperluan anak sebab dekat dengannya ketika menggendong.

Walau menggendong tergolong cara aman mengasuh bayi, ibu penting memahami prinsip dalam menyusui ketika menggendong bayi. Kegiatan ini jangan dilakukan dengan asal-asalan supaya tidak salah dan tidak mencelakakan bayi.

Ibu harus tahu terlebih dahulu bahwa menyusui itu berarti harus mendekatkan badan bayi dengan ibunya dan mulut bayi sepenuhnya masuk ke buah dada ibu.

Di samping itu kita pun perlu melihat usia bayi yang disusui sembari digendong. Bayi baru lahir yang masih kecil jangan sembarangan disusui untuk menghindari masalah menyusui.

Berikut ini lima prinsip menyusui sembari menggendong yang perlu ibu mengerti.

1. Tahu bagaimana teknik menyusui

Ibu harus mengetahui teknik menyusui yang benar sebelum memberinya makan sembari menggendong. Teknik ini bisa berbentuk posisi yang pas dan pelekatan yang benar ketika bayi menyusu.

2. Mengerti dengan gendongan yang dipakai

Ibu pun perlu mengerti jenis gendongan yang dipakai ketika menyusui sang buah hati. Bila menggendong, posisi bayi harus sedikit lebih tinggi.

Posisi kepala bayi barangkali tidak akan sejajar dengan buah dada. Untuk memulihkan letaknya setinggi buah dada, ibu perlu memakai gendongan yang nyaman, contohnya dapat dilonggarkan.

3. Mengenakan pakaian yang mempermudah ibu untuk menyusui

Ketika menyusui sembari menggendong, ibu perlu mengenakan baju yang nyaman. Di samping itu, jauhi menutupi kepala bayi ketika disusui supaya jalan napas bayi tak terganggu.

4. Latihan terlebih dahulu di rumah

Janganlah lupa untuk melakukan latihan dulu sebelum mulai menyusui sembari menggendong. Ibu bisa  mempelajarinya dari bidan atau dokter.

5. Lebih hati-hati terhadap bayi yang lebih kecil

Pada bayi berusia 0-3 bulan atau yang masih kecil, upayakan ibu fokus saja menyusui sembari menggendong. Tidak boleh melakukan kehiatan lain, terkecuali dua hal itu.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menyusui Sembari Menggendong Bayi, Kaum Ibu Wajib Tahu"

loading...