Ketahui Jenis Kursi Roda dan Fungsinya agar Tidak Salah Pilih

Keberadaan kursi roda amat membantu orang-orang yang kesulitan bergerak untuk dapat menjalankan kegiatannya setiap hari. Misalnya sebagian orang dengan difabel atau disabilitas fisik, orang-orang lanjut usia yang telah lemah, orang yang diamputasi bagian kakinya lantaran sesuatu hal atau keadaan khusus maupun yang tengah menjalankan proses pemulihan penyakit tertentu atau cedera.

Saat ini kursi roda (wheelchair) dirancang dengan beragam fungsi serta manfaatnya. Hal ini mengingat keperluan setiap pengguna kursi roda yang berlainan satu sama lainnya. Tidak seluruh difabel dengan kursi roda memakai jenis kursi roda yang sama. Dengan demikian, kursi roda seharusnya mempunyai ukuran berbeda yang diselaraskan dengan keperluan setiap pemakainya.

Kursi roda memang merupakan salah satu alat untuk bergerak sebagai pengganti kaki guna mempermudah bermobilitas. Tetapi terdapat beberapa fungsi khusus lain yang mesti diperhatikan dan dipenuhi sehingga kursi roda bisa menyajikan manfaat yang tepat. Disamping fungsinya yang beda, kursi roda pun mesti pas di tubuh. Maka dari itu sebelum dibuat dilakukan pengukuran terlebih dahulu. Khususnya untuk lebar panggul dan tinggi punggungnya, dari pinggang hingga bahu. Dengan tujuan bahwa kursi roda tak hanya nyaman, namun tak meningkatkan keparahan peran tubuh.

Kini terdapat 4 jenis kursi roda dengan fungsi yang berlainan.
  1. Kursi roda kesehatan, kursi roda jenis ini telah dibekali dengan teknologi spesifik yang bermanfaat untuk kesehatan. 
  2. Kursi roda olahraga (sport), dipakai oleh para olahragawan difabel (atlet paralympic).
  3. Kursi roda untuk mobilitas, serta 
  4. Kursi roda bagi orang-orang dengan CP (celebral palsy). 

Dengan begitu, keperluan kursi roda tidak bisa disamaratakan antara satu orang dengan yang lainnya.

Kecuali dibekali dengan teknologi khusus yang bermanfaat untuk kesehatan, kursi roda ini pun banyak dipergunakan di rumah sakit buat kebutuhan medis. Kursi roda kesehatan pun mempunyai pembagian turunan menurut fungsinya. Salah satu diantaranya adalah kursi roda untuk memulihkan kerusakan postur tubuh (correction devormity).

Ada juga kursi roda olahraga (sporty) yang banyak dipakai pada sejumlah cabang olahraga seperti cycling, tenis, panahan, atletik, dan basket.  Lantaran keperluan bergerak malahan bermanuver yang tinggi, kursi roda sport dirancang lebih ringan dengan stabilitas tertentu supaya fleksibel dipakainya.

Sedangkan kursi roda untuk mobilitas adalah kursi roda yang dipakai untuk menjalankan aktivitas setiap hari. Digunakan buat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Ada yang memakai mesin, ada juga yang digerakkan manual.

Paling akhir yaitu kursi roda celebral palsy (CP). Berlainan dengan kursi roda kesehatan,  kursi roda jenis ini dilengkapi dengan adanya sandaran kursi yang lebih tinggi ketimbang kursi roda yang lain dan dilengkapi dengan penyangga kepala. Dengan peran untuk menyangga tubuh penyandang celebral palsy supaya tetap dapat duduk tegak.

Dengan mengetahui jenis dan fungsi kursi roda, maka akan disadari betul kalau setiap pengguna kursi roda mempunyai keperluan yang khusus. Setiap spesifikasi perlu mendapatkan dukungan yang sesuai. Dengan demikian pemakaian kursi roda bisa menjadi sebuah solusi dalam keberlangsungan kehidupan sebab kursi roda menjadi bagian dari hidup para pemakainya.

Itulah beberapa jenis kursi roda yang ternyata mempunyai jenis dan perannya sendiri-sendiri. Dalam memilih kursi roda pastikan disesuaikan dengan berat badannya, usia, dan keinginan penderita, usia, dan berat badannya supaya pemakaian kursi roda menjadi lebih maksimal. Pastikan juga untuk bertanya kepada dokter kepercayaan anda atau melalui halodoc guna mengetahui lebih lanjut mengenai cara berlatih dan memakai kursi roda.

Halodoc adalah platform layanan kesehatan yang bergerak di bidang telekonsultasi kesehatan. Melalui fitur Tanya Dokter dan Cari Dokter di aplikasi helodoc, Anda bisa menemukan informasi berkenaan dengan keluhan/masalah kesehatan anda sekaligus membuat janji bertemu dengan dokter yang anda butuhkan. Butuh fasilitas kesehatan untuk perawatan, anda bisa melakukan kunjungan ke beberapa rumah sakit atau klinik secara online melalui fitur Cari Rumah. Tidak hanya sampai disitu melalui aplikasi dan website helodoc, anda pun bisa melakukan cek lab dan beli obat. Tidak salah, helodoc memang solusi kesehatan terlengkap di Indonesia.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

No comments for "Ketahui Jenis Kursi Roda dan Fungsinya agar Tidak Salah Pilih"

loading...