Tujuan Catatan Pengeluaran Dengan BukuKas

Saat menggunakan aplikasi laporan keuangan BukuKas, harus memahami terlebih dahulu tentang tujuan dalam membuat laporan maupun catatan keuangan. Apakah itu untuk bisnis, keperluan pribadi ataupun sekedar mengetahui serta menghitung apakah penghasilan bulan ini dapat mencukupi kebutuhan / tidak. 

Masing – masing orang pasti mempunyai tujuan yang berbeda – beda saat menggunakan aplikasi BukuKas. Apapun tujuannya, namun yang pasti semua masalah keuangan akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi keuangan BukuKas ini. 

Dalam pembuatan catatan keuangan, ada beberapa tipe tujuan. Tipe – tipe tujuan dalam keuangan ini harus dipahami supaya tidak terlalu canggung atau merasa bingung ketika menyusun suatu laporan keuangan. Apalagi dengan kepopuleran aplikasi BukuKas ini pasti banyak orang yang mungkin hanya sekedar ikut – ikutan, agar tidak terkesan tertinggal. 

1. Kebutuhan Jangka Pendek 
Tujuan dalam menyusun catatan pengeluaran pertama yaitu untuk kebutuhan jangka pendek. Jangka untuk untuk jenis tujuan pengeluaran ini biasanya hanya berlaku untuk sehari hingga satu minggu. 

Khusus untuk tujuan yang satu ini sangat bermanfaat untuk menyusun anggaran perbelanjaan terlebih dahulu sebelum pergi ke pasar tradisional maupun supermarket. Dengan aplikasi laporan keuangan BukuKas inilah tidak hanya sekedar mengerti jumlah uang yang nantinya akan dikeluarkan saat belanja. Namun juga sekaligus sebagai catatan atas barang apa saja yang hendak dibeli. 

Saat belanja pun sangat minim resiko barang yang tidak sempat dibeli. Serta dapat mengetahui barang apa saja yang menjadi prioritas utama yang harus didahulukan. 

2. Kebutuhan Jangka Panjang 
Jika kebutuhan jangka pendek berlaku untuk harian hingga mingguan, untuk kebutuhan jangka panjang berguna untuk mencapai tujuan catatan pengeluaran dalam waktu yang lama dan mencangkup tentang tujuan keuangan / rencana masa depan. Misalnya untuk pendidikan, investasi, pengumpulan modal untuk bisnis, pembelian rumah dan lain sebagainya. 

Dengan menyusun rencana terlebih dahulu, akan membuat hati merasa jauh lebih tenang karena telah mengetahui bagaimana untuk hidup di hari berikutnya. Sehingga akan jauh lebih siap untuk menghadap segala kemungkinan dan resiko atas rencana yang telah disusun. 

3. Kontribusi Keluarga Pada Umat 
Sedangkan untuk tujuan yang satu ini menjadi tujuan secara global dan umum. Tetapi untuk tujuan yang satu ini tidak hanya terfokus pada kebutuhan pribadi maupun keluarga, namun juga untuk orang lain. 

Khusus untuk tujuan yang satu ini, harus mencapai kehidupan financial yang matang. Dalam arti semua kebutuhan dalam keluarga baik itu primer maupun sekunder harus terpenuhi seutuhnya. Selain itu juga telah dapat mencapai keadaan dimana seorang pribadi ataupun keluarga telah mempunyai kondisi finansial yang mandiri. 

Itulah tujuan dari menyusun catatan / laporan keuangan dengan aplikasi laporan keuangan BukuKas. Dengan memahami tujuan ini, sama artinya dapat mengerti pentingnya aplikasi keuangan BukuKas. Jadi tidak merasa bingung dan memahami tujuan diri sendiri untuk menggunakan BukuKas serta tidak asal ikut – ikutan. 
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

No comments for "Tujuan Catatan Pengeluaran Dengan BukuKas"

loading...