Ini Dia 5 Minuman Pelancar Haid Alami yang Dapat Membantu Anda Yang Sering Terlambat Haid

Kaum wanita akan merasakan siklus haid tiap-tiap sebulan satu kali. Siklus haid yang dirasakan tiap-tiap wanita tentu saja berlainan. Biasanya siklus haid yang wajar terjadi selama 24-38 hari. 

Tetapi, tak semua perempuan merasakan masalah itu. Sebagian perempuan mungkin ada yang merasakan haid tepat waktu. Sedangkan yang lain, ada yang mempunyai siklus haidnya relatif kacau, seperti lebih telat, lebih cepat, atau tak haid sampai berbulan-bulan. 

Untuk haid yang berlangsung dengan baik, sebagian wanita bisa jadi ada yang teratur membeli minuman pelancar haid seperti cytotec. Saat ini banyak toko obat atau apotik yang jual cytotec. Namun ada baiknya Anda pun mengenal beberapa bahan alami untuk dijadikan minuman pelancar haid sendiri di rumah. 

Yang Menyebabkan Siklus Haid Tak Rutin 
Ada beberapa masalah yang mengakibatkan seseorang merasakan siklus haid yang tak rutin. Salah satu penyebabnya ialah pengubahan kandungan hormon estrogen dan progesteron yang merusak siklus haid Anda. 
  • Disamping itu, ada berbagai masalah yang mengakibatkan siklus haid jadi tak rutin yang lain, ialah: 
  • Stress. 
  • Terlampau banyak melaksanakan olah raga. 
  • Sedang mengandung atau sedang menyusui. 
  • Memakai alat kontrasepsi. 
  • Menderita keadaan kesehatan khusus, seperti polycystic ovary syndrome (PCOS), penebalan dinding rahim, fibroid rahim, dan masalah kelenjar tiroid seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme. 
  • Jenis minuman pelancar haid alami guna memperlancar haid.

Di bawah ini ialah bahan-bahan rempah alami rumahan yang dapat dibuat dan diyakini bisa berguna selaku minuman pelancar haid. 

1. Kayu manis 
Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah alami yang bisa dibuat jadi selaku minuman pelancar haid. Suatu hasil riset memperlihatkan kalau kayu manis bisa menolong memulihkan siklus haid supaya lebih rutin. 

Anda cuma butuh menyeduh kayu manis bersama air hangat, atau memadukan kayu manis ke dalam teh hangat. 

Disamping menunjang melancarkan siklus haid, minuman pelancar haid yang dibuat dari kayu manis diyakini bisa meredakan sakit haid dan jadi salah satu opsi penyembuhan guna menanggulangi keadaan PCOS. 

2. Cuka apel 
Berdasarkan suatu hasil penelitian, minum 15 gr cuka apel dengan teratur diyakini bisa memperlancar siklus haid pada pengidap PCOS. 

Anda bisa menjadikan cuka apel selaku minuman pelancar haid bersama cara meminumnya dengan segera atau mencampurkannya ke dalam segelas air dan satu sendok makan madu. 

Disamping melancarkan siklus haid pada pengidap PCOS, cuka apel bisa mengurangi kandungan gula darah dan insulin, dan bisa mengurangi berat tubuh. 

3. Kunyit 
Minuman pelancar haid alami yang lain ialah kunyit. Disamping berguna selaku salah satu bumbu dapur, kunyit memiliki kandungan senyawa kurkumin yang efektif selaku obat. 

Kunyit pun mempunyai dampak yang serupa dengan hormon estrogen sehingga diyakini bisa menyebabkan siklus haid jadi rutin. 

Cara memperlancar haid dengan kunyit ialah dengan meminum minuman dari ramuan kunyit. Anda bisa meminumnya 2 kali sehari sebanyak 100-500 miligram. 

4. Jahe 
Jahe dianggap bisa mengakibatkan siklus haid jadi mulus. Meskipun begitu, keampuhan kegunaan jahe selaku minuman pelancar haid masih butuh diteliti lebih jauh. 

Kegunaan jahe yang berhubungan dengan haid ialah mengurangi tanda premenstrual syndrome (PMS) dan menghentikan sakit haid. 

5. Nanas 
Nanas merupakan salah satu jenis buah-buahan yang diyakini mempunyai kegunaan yang berhubungan dengan permasalahan haid. Kandungan bromelain, yakni enzim yang diklaim bisa melunakkan dinding rahim sehingga memperlancar siklus haid. 

Anda bisa membuat nanas selaku minuman pelancar haid bersama cara buatnya jadi jus. Walaupun begitu, masih butuh diteliti lebih mendalam tentang keefektivan nanas selaku minuman pelancar haid guna memperlancar siklus haid. 

Berbagai bahan alami yang sudah disebutkan di atas diyakini bisa memperlancar siklus haid. Namun, jangan cuma menaruh kepercayaan kepada minuman pelancar haid. 

Alangkah baiknya, Anda pun butuh mengganti gaya hidup dengan menata pola makan dan teratur olahraga. Makanlah santapan yang tinggi folat, lemak, dan beragam vitamin. 

Bila siklus haid masih tak rutin sesudah mengkonsumsi minuman pelancar haid alami, lekas konsultasikan bersama dokter. Dokter Anda akan melaksanakan pengecekan dan menawarkan tindakan yang cocok selaras yang menyebabkan masalah siklus haid Anda.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

No comments for "Ini Dia 5 Minuman Pelancar Haid Alami yang Dapat Membantu Anda Yang Sering Terlambat Haid"

loading...