Senin, 10 Februari 2020

SehatQ.com Hadirkan Dokter Hematologi untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat yang Bermasalah dengan Kelainan Darah

Hematologi merupakan bagian pelajaran medis yang memahami mengenai darah dan permasalahan darah yang berlangsung. Berbagai penyakit yang diatasi oleh bidang kedokteran hematologi meliputi leukemia, hemofilia, penyakit infeksi, gangguan pembekuan darah, dan anemia. 

Seorang dokter hematologi yang diketahui sebagai hematolog mempunyai kemampuan tersendiri pada perawatan penderita dengan gangguan hematologi, meliputi mendiagnosis dan mengelola penyakit berhubungan dengan kelainan darah. 

Berartinya Mengenali Keadaan Darah 

Dalam hematologi, diketahui gangguan darah kebanyakan berlangsung akibat adanya kekurangan nutrisi khusus dalam konsumsi makanan tiap hari, side efek obat-obatan, dan penyakit. Perawatan yang dibutuhkan untuk penyakit darah bermacam-macam, tergantung pada keadaan darah dan taraf keparahannya, demikian pula dengan perjalanan penyakitnya yang dapat berbeda-beda.

Gangguan darah bisa  mempengaruhi salah satu dari 3 komponen utama darah, yakni:

Sel darah merah
Sel darah merah berperan bawa oksigen ke jaringan tubuh. Gangguan darah pada sel darah merah yang paling kerap berlangsung ialah anemia. Orang dengan anemia mempunyai jumlah sel darah merah yang rendah. Walaupun pada keadaan yang ringan anemia acapkali tidak menimbulkan gejala, tetapi anemia tidak bisa dipandang sebelah mata. Lantaran bila tidak diatasi, anemia bisa berkembang menjadi lebih berat dan menimbulkan keletihan, kulit pucat, dan sesak nafas.

Sel darah putih
Sel darah putih berperan sebagai salah satu sistem penjagaan tubuh untuk mencegah infeksi. Masalah yang biasa mempengaruhi sel darah putih ialah akibat leukemia atau kanker darah, penyakit kronis, serta infeksi bakteri dan virus, di mana sel darah putih menjadi liar dan tumbuh didalam sumsum tulang. Ada juga gangguan yang lain ialah sindrom mielodisplasia, multiple myeloma, dan limfoma.

Trombosit
Diketahui pula sebagai keping darah, sel darah ini berperan untuk menunjang proses pembekuan darah. Pergantian jumlah trombosit bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, saat jumlah trombosit bertambah, keadaan itu diketahui sebagai trombositosis, sebaliknya jumlah trombosit yang berkurang disebut pula trombositopenia. Beragam keadaan yang dapat mempengaruhi banyaknya trombosit antara lain ialah Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Idiopathic Trombocytopenic Purpura (ITP).

Ketahui pengecekan Hematologi 
Pengecekan hematologi dilaksanakan untuk beberapa ragam fungsi, antara lain untuk menghitung keadaan kesehatan secara umum, pula untuk melihat adanya gejala infeksi dan banyak penyakit. Pengecekan hematologi pun mempunyai peranan utama dalam prosedur donor darah serta transfusi darah. 

Ada banyak jenis pengecekan hematologi yang bisa dilaksanakan. Salah satunya yakni pengecekan darah lengkap. Tujuan pengecekan ini ialah untuk menghitung keadaan darah secara menyeluruh dan menunjang diagnosis anemia, penyakit peradangan, memantau ketiadaan darah, infeksi, malahan untuk melacak kanker. 

Pengecekan darah lengkap meliputi: 
  • Hemoglobin 
  • Hematokrit 
  • Jumlah sel darah merah berikut dengan volumenya 
  • Sel darah putih berikut dengan hitung jenisnya 
  • Trombosit 
Tidak hanya itu, bisa pula dilaksanakan pengecekan prothrombin time (PT), partial thromboplastin time (PTT), dan international normalized ratio (INR) yang bertujuan untuk menaksir pembekuan darah dan gangguannya. 

Pengecekan hematologi pun berguna untuk menjadi tolak ukur apakah seseorang bisa menjalankan pengobatan. Khususnya untuk pengobatan yang dapat mempengaruhi sel darah, seperti aspirin, dan pula apakah sanggup menjalani tindakan kedokteran seperti opeasi/pembedahan. 

Dalam mengatasi penderita, ahli hematologi bisa berkolaborasi dengan para ahli di beragam bidang lain untuk memberikan perawatan yang efisien, seperti transplantasi, onkologi dan patologi klinik. Dalam dunia kedokteran, hematologi memegang peranan utama dalam tiap proses penaksiran sampai penatalaksanaan.

Saat ini telah hadir aplikasi kesehatan dari SehatQ.com bernama SehatQ. SehatQ merupakan platform layanan kesehatan digital dilengkapi beragam fitur unggulan, seperti forum, data base obat dan penyakit, booking dokter, chat, artikel kesehatan, sampai pencarian layanan kesehatan terdekat. SehatQ telah bermitra dengan sekitar 65 dokter ahli hematologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan penanganan masalah penyakit yang berhubungan dengan kelainan darah.

Anda sedang mencari dokter ahli hematologi? Segera dapatkan mereka di SehatQ!


0 comments:

Posting Komentar