Rawat dan Jaga Kebersihan Rumah Anda dengan 6 Cara Ini

Rumah harus dirawat dan dijaga kebersihannya sebaik mungkin karena rumah adalah tempat dimana kita bisa quality time bersama keluarga. Apalagi kalau rumah tersebut sudah jadi hak milik kita, sudah direnovasi menggunakan jasa arsitek dan design interior, diisi berbagai perabot yang cantik, akan sangat sayang kalau kondisinya sampai kotor.

Oleh sebab itu, rawat dan bersihkanlah rumah secara rutin dan pastikan Anda membersihkan dengan cara yang tepat, seperti dengan rutin melakukan 6 cara ini agar rumah bersih menyeluruh tanpa ada yang terlewatkan:

1. Selalu Rutin Membersihkan Bekas Lemak di Dapur Setiap Hari 
Membersihkan lemak didapur tidak hanya penting untuk menjaga kebersihan dapur itu sendiri tetapi juga untuk menjaga keawetan peralatan dapur Anda. Jika lemak dibiarkan menempel pada peralatan dapur, tentunya hal tersebut akan membuat peralatan Anda lebih mudah berkarat.

Oleh karena itu perhatikan setiap sela dapur dan peralatan dapur Anda, khususnya setelah memasak. Pastikan tidak ada debu dan lemak yang menempel. Bersihkan pula bagian lantai setelah memasak agar seluruh bagian dapur Anda semakin terjaga kenyamanannya.

2. Bersihkan Setrika dengan Garam
Setrika sama pentingnya dengan peralatan rumah tangga lainnya. Menggunakan suhu yang terlalu panas biasanya membuat setrika jadi lengket dan menghitam. Jika hal ini terjadi, maka bersihkan setrika Anda menggunakan garam yang ditaburkan di atas handuk kecil. Gosoklah bagian lengket setrika dengan menggerakan setrika di atas garam dalam keadaan hangat. 

Jika bagian lengket ini sudah teratasi, selanjutnya pastikan Anda menggunakan setrika dengan suhu yang tepat sesuai jenis kain. 

3. Bersihkan Debu dan Jamur dari Furniture, TV Dll Secara Rutin
Membersihkan furniture, TV, serta peralatan rumah lainnya juga penting dilakukan secara rutin agar terhindar dari debu. Saat musim hujan tiba, biasanya suhu menjadi lembab hingga lemari sangat mungkin tiba-tiba berjamur. Oleh sebab itu penting sekali untuk rajin mengecek kondisi furniture Anda terlebih pada saat bersih-bersih. 

Gunakan lap kering serta kemoceng lembut pada saat membersihkan furniture, TV, AC dan peralatan rumah lainnya. jika didapati jamur di lemari Anda, segera lap lemari dan keluarkan baju-baju Anda agar terhindar dari bakteri jamur di lemari. 

4. Bersihkan Kulkas Minimal 1 Minggu Sekali
Sebagai tempat menyimpan banyaknya makanan, kulkas sangat penting untuk rutin dibersihkan. Jadi, bersihkan semua bagian kulkas Anda minimal 1 minggu sekali, agar kebersihan dan kandungan vitamin makanan Anda juga tetap terjaga.

5. Selalu Perhatikan Barang-barang yang Terbuat dari Plastik
Barang-barang yang terbuat dari plastik sangat mudah kotor dan berubah warna. Dengan demikian selalu perhatikan barang-barang Anda yang terbuat dari plastik. Jika kotor, segera lap atau cuci barang-barang plastik Anda hingga bersih. 

6. Kuraslah Bak dan Bersihkan Kamar Mandi Minimal 1 Minggu Sekali
Kebersihan kamar mandi juga sangat penting dirawat mengingat bibit penyakit sangat mudah berkembang di area kamar mandi. Oleh sebab itu, rutinlah menguras bak mandi minimal 1 kali dalam seminggu. Pastikan tidak ada lumut yang tersisa di dalam bak, agar terhindar dari bibit penyakit yang berkembang di dalam air bak.

Selain itu, jangan lupa menyikat lantai kamar mandi hingga dinding kamar mandi Anda. Gunakanlah sikat dan sabun khusus untuk mempermudah pekerjaan Anda, karena bagian menyikat lantai kamar mandi memang bagian paling melelahkan. 

Ingat, kloset dan peralatan mandipun tidak boleh terlewatkan saat dibersihkan ya. Khusus untuk kran shower di kamar mandi, Anda bisa mempertimbangkan kran shower PVC sebagai alternatif bahan stainless. Selain lebih terjangkau, secara estetika tidak kalah dari kran shower stainless namun lebih kuat dari bahan plastik. Kelebihan kran shower ini adalah awet dan mudah dibersihkan, dan tidak karat tentunya. 

Selain menjaga peralatan interior rumah, jangan lupa untuk merawat kebersihan halaman rumah Anda agar kebersihkan rumah terjaga baik di dalam rumah maupun di halaman rumah. Dengan demikian rumah benar-benar surganya keluarga yang nyaman untuk menjadi tempat quality time. 
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

No comments for "Rawat dan Jaga Kebersihan Rumah Anda dengan 6 Cara Ini"

loading...