Apa Sih Virus Corona Itu?

Anda pernah dengar tidak sebutan virus corona? Apa, ya, virus corona itu? Seberbahaya apa sih? Memang, virus corona sedang jadi trending topic di mana-mana. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di banyak negara. Virus itu, awalnya sih ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok. Selanjutnya, menyebar ke beberapa kota lain, lalu menyebar lagi ke beberapa negara lain.

Informasi terakhir nih, sudah ada 6 negara di Asia Tenggara yang mengakui bahwa virus itu sudah sampai ke wilayahnya yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Filipina. Duh, sudah dekat tuh ya ke Indonesia!

Nah, karena sudah semakin dekat, tentu kita harus tahu dong bagaimana caranya untuk mencegah tertular virus corona.

Cara terbaik untuk mencegah terinfeksi virus corona ya tentu dengan menghindarinya. Apalagi, hingga kini belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus corona yang disebut juga 2019-nCoV.

Untuk menghindarinya tentu saja kita harus hindari sumber virusnya, yaitu negara-negara yang sudah ada penyebaran virusnya. Hindari bepergian ke Tiongkok atau ke negara lain yang telah ditemukan adanya penularan virus corona.

Pencegahan
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan yang juga bisa membantu kita dalam pencegahan penyebaran virus lainnya. Pertama, kita harus menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, apalagi saat beraktivitas di tempat umum. Kedua, kita harus sering mencuci tangan. Jangan malas cuci tangan.

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, setelah meniup hidung, batuk, atau bersin.

Tapi bagaimana kalau tidak ada air dan sabun? Kita bisa menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol. Kandungan alkoholnya harus minimal 60% ya. Kalau tangan kita kelihatan sangat kotor, sebaiknya sih cuci dengan air dan sabun.

Cara pencegahan ketiga, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci. Keempat, kalau mau bersin atau batuk, tutupi dengan tisu. Kalau sudah dipakai, jangan lupa buang tisunya ke tempat sampah.

Kelima, cara mencegahnya adalah jangan dekat-dekat ke orang yang sedang sakit. Tapi kalau kita yang sakit, kita juga harus istirahat di rumah, jangan jalan jalan, karena dikhawatirkan malah menularkan virusnya ke orang lain.

Nah, cara terakhir, kita bisa mengingatkan orang tua kita atau mama papa untuk rutin membersihkan barang-barang di rumah yang sering kita sentuh. Sederhana saja kok caranya, cukup disemprot dengan pembersih rumah biasa.

Dulu saat ada wabah SARS tahun 2002-2003, ada 8.422 orang terinfeksi dan ada 916 yang meninggal dunia. Yang paling banyak, pasien yang usianya di atas 65 tahun

Orang yang lebih tua atau yang sudah punya penyakit seperti asma, diabetes, atau jantung, memang bisa lebih parah kondisinya kalau terkena virus. Jadi, kita juga harus ingatkan nenek, kakek, oma, opa, dan eyang yang kita sayangi supaya melakukan cara-cara pencegahan yang dijelaskan tadi. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

No comments for "Apa Sih Virus Corona Itu?"

loading...