6 Tips Merawat Kulit Wajah Ibu Hamil Agar Tetap Cantik Tapi Aman

Hormon kulit ibu hamil tentunya berbeda dibandingkan hormon ketika belum hamil. Terkadang ibu hamil mengeluh memiliki kendala berjerawat ketika sedan hamil, sedangkan untuk mencari treatment perawatan wajah yang aman bukanlah perkara mudah. Facial, pemakaian cream jerawat, masker, itu semua adalah treatment yang biasanya dilakukan untuk wajah bersih dari jerawat, tapi belum tentu aman dan cocok buat ibu hamil. 

Oleh sebab itu, perawatan ibu hamil harus diperhatikan lebih khusus. Nah, agar tidak salah bertindak, bagi Anda ibu hamil ini dia 6 tips perawatan kulit wajah yang aman dan bisa Anda terapkan:

1. Jangan Salah Pilih Krim, Krim Sebelum dan Saat Hamil itu Berbeda Loh
Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, hormon sebelum hamil dan ketika hamil jelas berbeda. Hal ini dikarenakan bayi dalam rahim Anda menciptakan adanya perubahan hormon tersebut sehingga diperlukan krim khusus anjuran dokter untuk ibu hamil.

Bagi Anda yang menggunakan skin care dokter, hentikan krim Anda saat Anda mengetahui bahwa ada janin di dalam Rahim Anda. Kemudian, coba konsultasikan kepada dokter Anda kira-kira krim apa yang cocok dan aman digunakan saat masa kehamilan.

Apalagi, saat hamil biasanya dianjurkan mengkonsumsi susu yang sebenarnya mengakibatkan kulit lebih mudah berjerawat. Inilah fungsinya menggunakan krim yang memang dokter anjurkan saat hamil, yakni sebagai pencegahan dari jerawat dan tentunya agar kulit Anda tetap kinclong.

2. Istirahat Cukup dan Hindari Stress
Stress adalah pemicu utama dari jerawat. Jadi, pastikan Anda selalu happy dan jangan terlalu dipikirkan berlebihan jika memiliki masalah. Selain akan mudah memicu jerawat, stress juga tidak baik bagi perkembangan janin Anda. So, hindari stress dan istirahat yang cukup ya.

3. Perbanyak Minum Air Putih dan Konsumsi Sayuran
Minum air putih serta konsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan menjadi point penting selanjutnya yang perlu Anda terapkan agar kulit gowing bisa Anda pertahankan. Jangan lupa, hindari makanan berminyak, tetapi perbanyaklah makanan yang mengandung zink yang baik untuk mencegah jerawat. 

4. Tetap Rajin Menggunakan Tabir Surya Sesuai Anjuran Dokter
Nah, tabir surya tidak hanya penting saat sebelum hamil, tapi penting juga ketika Anda sedang hamil. Dengan catatan, pemakaian tabir surya serta produk yang digunakan tetap anjuran dari dokter ya. Baiknya tabir surya saat hamil digunakan pada saat banyak beraktifitas di luar rumah, jika tidak, akan lebih baik menyehatkan kulit dengan sayuran, buah-buahan dan perawatan masker alami.

5. Lebih Rajin Olah Raga
Next, olah raga juga penting sekali untuk menjaga kesehatan kulit termasuk menjaga janin Anda. Dengan olah raga, banyak lemak dan kolesterol terbakar serta kulitpun bisa lebih kencang. Tetapi, pastikan gerakan yang dilakukan aman untuk ibu hamil ya. 

6. Menjelang Kelahiran, Tanyakan Dokter Krim Apa yang Boleh Digunakan
Sebelum hamil, saat hamil dan setelah melahirkan (menyusui), biasanya dokter mengintruksikan krim yang berbeda. Oleh karena itu, menjelang kelahiran bayi Anda, ada baiknya konsultasikan kepada dokter Anda mengenai krim yang aman untuk ibu menyusui. 

Jangan lupa juga mempersiapkan kelahiran si buah hati dengan mempersiapkan berbagai kebutuhannya, dimana sekarang Anda bisa mencarinya di toko perlengkapan bayi online tanpa harus repot-repot keluar rumah.

Demikian 6 tips yang bisa diterapkan ibu hamil untuk merawat kulit wajah agar selalu sehat dan glowing tetapi aman ketika hamil. Intinya, selalu konsultasikan hal sekecil apapun dengan dokter ya. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

No comments for "6 Tips Merawat Kulit Wajah Ibu Hamil Agar Tetap Cantik Tapi Aman"

loading...