Senin, 25 November 2019

Jaga Ketersediaan Air Bersih dengan Tiga Cara Mudah Ini

Masalah air bersih nampaknya sudah menjadi masalah lama yang belum bisa diatasi. Penyebab utamanya adalah jumlah populasi dan kurangnya kesadaran, mulai dari hal kecil seperti lupa mematikan air dari kran shower kamar mandi hingga penggunaan air bersih yang berlebihan. Belum lagi, musim kemarau yang panjang membuat persediaan air bersih tak lagi bisa memenuhi kebutuhan setiap orang. 

Masalah ketersediaan air bersih sepertinya tak lagi bisa disepelekan. Pasalnya, 97% air yang ada di bumu berbentuk air laut dan hanya kurang dari 3% yang berupa air tawar yang bisa digunakan untuk keperluan setiap hari. 


Bahkan, hanya 1% air permukaan yang bisa digunakan dengan mudah. Sayangnya, manusia masih saja menggunakan air dengan boros dan tanpa disadari membawa dampak buruk untuk ketersediaan air bersih. 

Ada beberapa cara mudah untuk menghemat air yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan filter air
Jika selama ini Anda membeli air kemasan atau dalam gentuk galon, maka Anda bisa menggatinya dengan menggunakan filter air. Dengan filter air, Anda tak perlu lagi membeli air kemasan. Anda bisa menggunakan air di rumah Anda untuk dikonsumsi. Harga filter air memang cukup mahal, namun Anda bisa menghemat ketersediaan air bersih di bumi dan tentunya meghemat pengeluaran Anda.

2. Gunakan selang bertekanan untuk mencuci kendaraan
Kegiatan mencuci memang membutuhkan air yang cukup banyak. Hal ini membuat air terbuang dalam jumlah yang banyak. Untuk menghemat air bersih saat mencuci, Anda bisa menggunakan selang bertekanan pada aktivitas mencuci, terutama mencuci mobil yang membutuhkan air dalam jumlah banyak. Menggunakan selang bertekanan tinggi mampu menghemat air sebanyak 80%. Anda juga bisa menghemat waktu dengan mengguakan selang bertekanan.

3. Kurangi penggunaan botol plastik
Anda pasti tak asing lagi dengan kampanye “kurangi botol plastik” yang mulai dilakukan oleh banyak orang Penggunaan botol plastik memang tidak efisien dan bisa merusak lingkungan. Penguraian botol plastik di dalam tanah yang membutuhkan waktu yang lama bisa membuat tanah dan sumber air terkontaminasi dengan berbagai zat plastik dari botol tersebut. Jadi, mulai sekarang kurangi penggunaan botol plastik dan gunakan botol minum yang bisa digunakan berkali-kali. 

Ketersediaan air bersih menjadi hal yang penting sebab air menjadi sumber kehidupan semua mahluk. Tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari yang vital seperti mencuci, memasak, dan mandi, tapi juga untuk kebutuhan industri dan komersil, seperti penggunaan di perusahaan jasa cleaning service, pabrik dan manufaktur, hotel dan restoran, dan sebagainya.

Sudah saatnya Anda mengambil langkah untuk menghemat ketersediaan air bersih mulai sekarang. 

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 comments:

Posting Komentar