iklan space 728x90px

Curug Tujuh Cibolang, Tempat Wisata di Ciamis yang Menawarkan Sejuta Keindahan Alam

Curug ini secara eksplisit berjumlah tujuh air terjun, yang lokasinya cukup berdekatan. Nama resminya Wana Wisata Curug Tujuh Cibolang Desa Sandingtaman. Berlokasi secara bertingkat di area kaki Gunung Sawal, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Warga biasanya menyebutnya Curug Tujuh saja, tempat wisata yang menawarkan sejuta keindahan alam. Memiliki flora dan fauna yang masih kaya dan terdapat kawasan yang digunakan untuk berkemah atau camping ground.

Air curug berasal dari mata air Cimantaja yang keluar dari Gunung Sawal. Ketinggian air terjun berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri. Ketujuh curug memiliki nama masing-masing yaitu Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik, Curug Cibuluh. Ketujuh curug itu memasok air ke kali atau Cigede Cibolang dan Kali Cimantaja.

Pengunjung dapat mengakses curug dari jalan utama Kecamatan Panjalu ke Desa Sandingtaman, lalu naik ke jalan menanjak yang cukup berliku sejauh empat kilometer. Jalan sudah beraspal dan bisa dilalui berbagai kendaraan. Dari pintu masuk curug, pengunjung dapat berjalan kaki sekira dua ratus meter dan menghirup udara segar pegunungan sampai ketemu lokasi Curug Satu.

Setelah mendaki tangga batu yang cukup tinggi, pengunjung dapat merasakan segarnya air kolam di bawah air terjun yang cukup luas dan mandi dengan percikan air terjun.

Pemandangan khas hutan pinus dan berbagai tegakan tanaman hutan sangat menyegarkan mata. Udara sejuk di ketinggian dan nuansa hutan hujan tropis yang rimbun hijau, menambah sensasi berpetualang di sana.

Curug Satu memiliki ketinggian sekira 120 meter dengan lebar 20 meter. Memiliki debit air yang deras, jernih, serta dingin, menurut warga tak pernah surut meskipun kemarau panjang. Banyak pengunjung berendam sambil merasakan sensasi pijatan dari guyuran air terjun di kolam.

Berwisata ke Curug Tujuh Cibolang tidak akan habis dilalui dalam satu hari, apabila ingin berlama-lama merasakan sensasi pada setiap curug. Paling tidak pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Curug Dua, kemudian ke Curug Tiga sejauh satu kilometer, juga curug keempat dan kelima. Untuk menempuh semua, pengunjung harus balik lagi melalui jalan yang sama untuk pulang. Pasalnya, lokasi curug keenam dan ketujuh ditempuh dengan arah sebaliknya dari lokasi awal Curug Satu.

Meskipun ketinggian dan debit airnya paling unggul Curug Satu, tetapi setiap curug memiliki keindahan dan sensasi berbeda. Begitu pula dengan suasana yang khas di sekitar curug masing-masing. [Sumber: E. Saepuloh]

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Curug Tujuh Cibolang, Tempat Wisata di Ciamis yang Menawarkan Sejuta Keindahan Alam"