Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

Posted on

Ketika berpuasa, badan tidak memperoleh konsumsi minuman dan makanan sekitaran 14 jam. Oleh karena itu perlu untuk memerhatikan alur makan serta alur tidur agar beribadah puasa Anda dapat jalan dengan lancar. Langkah berpuasa yang sehat dapat merubah stamina serta kesehatan fisik Anda sepanjang berpuasa. Anda tentu ingin sepanjang menggerakkan beribadah puasa, tubuh tetaplah merasa sehat serta bugar. Karenanya simak 7 tips melindungi kesehatan sepanjang bln. puasa di bawah ini.

Tips Melindungi Kesehatan Selama Bulan Puasa

Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

1. Jangan Melupakan Sahur

Sahur adalah kesibukan yg tidak bisa ditinggalkan waktu berpuasa. Karna menu yang dikonsumsi dapat memengaruhi kerja badan Anda sepanjang sehari penuh. Baiknya Anda konsumsi makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat kompleks misalnya seperti jagung, ubi, singkong, roti gandum, oatmeal, serta nasi merah. Karna beberapa makanan itu dapat menolong menahan kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, protein, sayur, buah, serta air putih yang dapat juga menolong melindungi kesehatan sepanjang bln. puasa.

2. Waktu Berbuka Puasa, Konsumsilah Seperlunya

Umumnya karna merasa lapar, beberapa orang ketika berbuka puasa menelan banyak makanan bahkan juga ada yang sampai buat perut terasa sesak. Hal semacam ini menyebabkan lambung mengecil serta enzim-enzim pencernaan menyusut. Oleh karena itu, salah satu langkah yang dapat dikerjakan untuk melindungi kesehatan sepanjang bln. puasa, yaitu dengan makan seperlunya waktu berbuka puasa.

3. Kurangi Mengkonsumsi Kopi, Teh, serta Minuman Bersoda

Apabila kekurangan cairan badan, dapat buat badan Anda merasa lemas serta kurang konsentrasi sepanjang berpuasa. Baiknya cukupi keperluan cairan waktu sahur serta berbuka agar badan terlepas dari dehidrasi. Untuk melindungi kesehatan sepanjang bln. puasa, memperbanyak minum air putih sangat dianjurkan. Jauhi minum kopi serta soda karna dapat buat Anda susah tidur serta juga akan menumpuk banyak lemak.

Baca Juga  Tips Agar Cantik Mempesona

4. Kurangi Konsumsi Makanan Manis, Asin, serta Berlemak

Ketika bln. puasa, sering kita mendengar saran untuk berbuka dengan yang manis. Oleh karena itu banyak pedagang yang jual es sirup serta minuman manis yang lain ketika bln. Ramadhan. Memanglah makanan atau minuman manis diperlukan untuk menormalkan kandungan gula darah yang alami penurunan sepanjang berpuasa. Tapi berharap dikonsumsi dengan lumrah. Apabila terlalu berlebih konsumsi makanan manis dapat tingkatkan jumlah kandungan glukosa dalam darah dengan cepat serta dapat tingkatkan nafsu makan Anda.

Konsumsi makanan manis serta berlemak yang terlalu banyak dapat mengakibatkan rasa capek serta mengantuk. Alternatifnya, Anda dapat konsumsi buah kurma. Kurangi juga makanan asin yang dapat menimbulkan rasa haus serta dehidrasi.

5. Lakukan Berolahraga Ringan

Salah satu langkah melindungi kesehatan sepanjang bln. puasa yaitu tetaplah lakukan berolahraga teratur. Hanya saja, Anda mesti membatasi porsinya. Apabila berolahraga dikerjakan di siang hari dapat buat badan Anda dehidrasi serta pastinya kuras energi Anda. Waktu melakukan puasa, Anda dapat lakukan berolahraga enteng seperti jogging atau bersepeda sepanjang 15 menit sampai 20 menit ketika mendekati buka puasa.

6. Menggosok-gosok Gigi Waktu Sahur serta Sebelumnya Tidur

Ketika berpuasa, badan juga akan membakar cadangan lemak jadi energi paling utama serta dapat tingkatkan kandungan keasaman darah. Hal tersebut yang buat nafas jadi berbau tidak sedap. Salah satu langkah untuk kurangi bau mulut yg tidak sedap, jangan pernah lupa untuk melindungi kesehatan mulut lewat cara menggosok-gosok gigi sesudah sahur serta sebelumnya tidur malam.

7. Tidur yang Cukup

Ketika berpuasa, tidak cuma memperhatikan konsumsi makanan saja. Tapi memerhatikan penyusunan alur tidur juga adalah hal perlu untuk melindungi kesehatan sepanjang bln. puasa. Tidur malam yang baik diperlukan untuk melindungi keseimbangan badan Anda untuk melakukan kesibukan sehari-hari. Bila tidur malam di rasa kurang cukup, Anda dapat menyempatkan diri tidur 20 sampai 30 menit untuk lakukan power nap di siang hari. Janganlah anggap sepele tidur siang. Walaupun tidur siang Anda singkat, yang perlu berkwalitas hingga dapat memulihkan energi Anda.

Baca Juga  Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Mudah-mudahan tips melindungi kesehatan sepanjang bln. puasa diatas dapat Anda praktikkan serta menolong Anda melakukan beribadah puasa dengan lebih maksimum. Terkecuali ikuti tips diatas, Anda dapat pula memproteksi diri serta keluarga dari ancaman kesehatan yang dapat menyerang sewaktu berpuasa. Langkahnya dengan memperoleh perlindungan kesehatan dari penyedia layanan asuransi kesehatan terpercaya yang dapat Anda pilih sesuai sama keperluan. Bandingan manfaat serta harga dari beragam jenis asuransi kesehatan di PasarPolis. Jangan pernah cost rumah sakit serta dokter menghalangi Ramadhan serta mudik Anda.

Facebook Comments